Lompat ke isi utama
x

Kunjungan Dosen dan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian ke King Fried Chicken “PENTINGNYA SERTIFIKASI HALAL DI SEKTOR PANGAN”

Karyawan King Fried ChickenSaat ini sektor industri pangan semakin meningkat seiiring dengan perkembangan zaman global, hal ini juga sangat mempengaruhi pasar global yang ada saat ini. Industri Pangan mulai mengambil bahan baku dari berbagai negara lain tentunya berdampak positif terhadap masyarakat terhadap kualitas bahan pangan. Disisi lain setiap negara mengeluarkan kebijakan untuk melindungi masyarakat dari segi dampak negative globalisasi industri berbasis sektor pertanian.

 

Pada dasarnya dalam agama disebutkan bahwa, masalah pangan menjadi salah satu bagian dari kepercayaan yang dijadikan dengan faktor penentu apakah boleh di makan atau tidak, hal ini menjadi salah satu tolak ukur didalam masyarakat dalam memilih makanan yang halal dan baik.

 

Dalam Agama Islam jelas mewajibkan kita unutk memakan makanan yang halal dan toyib, berdasarkan Al-qur’an dan Hadist, konsep halalan tayiban serta kualitas standar makanan diterjemahkan kedalam system yang dinamakan Sistem Jaminan Halal (SJH) yang sudah banyak dikembangkan di beberapa negara yang mayoritas Muslim.

 

Dalam proses SJH di lihat dari sisi teknologi pada masyarakat Indonesia bahwa makanan yang tidak halal didasari dari perbedaan agama dalam mengkonsumsi bahan pangan, misalnya pemanfaatan seekor babi yang dapat dilakukan dari hilir  dari hasil penelitian menunjukkan ada 185 jenis produk turunan yang dapat di gunakan dari produk pangan, sabun, bahan bangunan bahkan sampai ke amunisi senjata.

 

Menurut LPPOM MUI mengatakan standar halal berarti ; tidak mengandung babi dan tidak mengandung bahan yang haram, Binatang yang disembelih harus dengan syariat islam, tempat penyimpanan dan lainnya tidak digunakan Bersama dengan produk babi, serta semua produk yang tidak mengandung khamar.

 

Pada kunjungan Dosen dan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian kepada restoran yang ada di Banda Aceh, pada tanggal 4 Februari 2020, pada salah satu Restoran King Fried Chicken di Banda Aceh pada acara sosialisai Sistem jaminan halal menyatakan bahwa :dalam penerapan Sistem jaminan halal perlu di patuhi 11 kriteria dalam HAS 23000 yaitu ; 1. Kebijakan Halal dari Perusahaan; 2. Tim Manajemen Halal; 3. Pelatihan dan Edukasi; 4.Bahan; 5. Produk; 6. Fasilitas Produksi; 7. Prosedur tertulis aktivitas kritis; 8. Kemampuan telusur; 9. Penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria; 10. Audit internal dan 11. Kaji ualang manajemen.

 

Pada kunjungan tersebut pihak manajemen sangat mendukung kegiatan dosen dan mahasiswa dalam membantu masyarakat dalam pemenuhan sertifikasi halal, pentingnya sertifikasi halal tersebut untuk menjaga kualitas dan keterjaminan produk yang dihasilkan sehingga konsumen lebih terjaga dan terkontrol dalam mengkonsumsi bahan pangan. Sosialisasi ini sebaiknya tidak hanya dalam sepekan tetapi dapat dilakukan secara keberlanjutan pesan pemilik King Fried Chicken.

 

Tag