Lompat ke isi utama
x

Profil

Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (PSTHP) didirikan pada tahun 1997 bertujuan untuk menghasilkan sarjana teknologi pertanian yang memiliki pemahaman yang kuat dalam bidang sains matematika, kimia, fisika dan/atau biologi untuk memecahkan permasalahan yang kompleks dalam pengolahan hasil pertanian melalui perancangan, analisis dan pengendalian proses, dan pengembangan produk dengan mengimplementasikan sistem yang terpadu antara sumberdaya manusia, material, peralatan, energi dan informasi dalam sistem industri pertanian dengan mempertimbangkan aspek sosial, budaya, hukum, ekonomi dan lingkungan hidup yang berkelanjutan. PS THP terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2020.

 

Lulusan PS THP dapat bekerja pada bidang sebagai berikut:

  • Industri atau perusahaan yang berhubungan dengan rantai pasok dan pengolahan hasil pertanian menjadi produk pangan atau non pangan sebagai manajer atau supervisor bidang produksi, analisis dan kontrol kualitas, keselamatan kerja, pengendalian rantai pasok, logistik, penjualan dan pemasaran, serta pengelolaan lingkungan industri.
  • Institusi pemerintah seperti pada kementerian bidang industri, perdagangan, pangan dan pertanian sebagai perencana ataupun pelaksana program kegiatan.
  • Institusi mandiri seperti konsultan untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan perancangan, analisis, pengendalian proses dan pengembangan produk, serta peningkatan produktivitas sistem industri pertanian.
  • Wirausaha di bidang pertanian dan pengolahan hasil pertanian dalam arti luas.
  • Institusi pendidikan dan penelitian sebagai pendidik, trainer dan peneliti.
  • Bidang kerja lain yang berhubungan dengan bidang kerja di atas seperti lembaga keuangan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi sosial kemasyarakatan, dan lainnya.